Capaian Pembelajaran

a. Pengetahuan

1) Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi

2) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

3) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

4) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individu dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik

5) Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

6) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan

7) Memiliki kemampuan membaca dan memahami teks berbahasa Arab tentang Dakwah secara umum dan Bimbingan Penyuluhan Islam secara khusus

8) Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar konseling dan penyuluhan Islam

9) Menguasai metode dan teknik konseling dan penyuluhan Islam

10) Memiliki pengetahuan tentang perkembangan individu dan kelompok dan penanganannya dalam kegiatan bimbingan dan penyuluhan Islam

11) Memiliki pengetahuan tentang perencanaan hingga evaluasi program

12) Memiliki pengetahuan tentang stimulasi klien dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat.

b. Sikap

1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11) Membangun karakter bangsa yang mencerminkan nilai-nilai dalam Pancasila dan UUD 1945 melalui pendekatan empat pilar kebangsaan secara mendalam;

12) Bersikap nasionalis dan patriotis melalui pendekatan wawasan kebangsaan secara utuh;

13) Merespon kearifan lokal melalui pendekatan multikultural secara luas; 14) Membangun karakter melalui pendekatan pembiasaan dan keteladanan secara integral.

c. Keterampilan Umum

1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

9) Mampu menguasai penggunaan bahasa Arab dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan;

10) Mampu menguasai penggunaan bahasa Inggris dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan;

11) Mampu memproduksi ide-ide dan melahirkan keterampilan hidup melalui kegiatan usaha mandiri secara inovatif;

d. Keterampilan Khusus

1) Mampu memanfaatkan program komputer dan sosial media dengan baik terkait dakwah dan Bimbingan Penyuluhan Islam

2) Memiliki penguasaan pengetahuan tentang ilmu dakwah

3) Memahami dan menguasai landasan Al-quran dan hadis tentang konseling

4) Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar konseling

5) Memiliki pengetahuan tentang konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok, mediasi, dan konsultasi.

6) Memiliki pengetahuan rumpun psikologi social

7) Memiliki pengetahuan tentang sosiologi dan antropologi

8) Memiliki pengetahuan tentang metodologi penelitian dakwah dan bimbingan penyuluhan Islam.